bjb KPR General_Media Online_Media Online
news-details
Kuliner
Kue apem beras di warung Bu Wanti, yang terletak di Pasar Ngasem Yogyakarta.

Menjajal Manis Gurihnya Apem Bu Wanti di Pasar Ngasem Yogyakarta

 

BERITABAIK.ID - Di Pasar Ngasem Yogyakarta, ada satu kuliner tradisional khas yang mesti kamu coba. Ya, namanya Apem Beras Bu Wanti. Seperti apa sih kenikmatannya?

Buat kamu yang belum tahu, apem merupakan makanan tradisional dengan rasa manis dan gurih. Kue apem banyak ditemui di pasar-pasar tradisional di Kota Yogyakarta bahkan diseluruh penjuru di Indonesia.

Kata apem berasal dari bahasa Arab yaitu “afuum” atau “affuwun” yang memiliki arti ampunan. Dalam tradisi Jawa, kue apem memiliki filosofi yaitu ‘memohon ampunan kepada Sang Pencipta'.

Untuk diketahui, kue apem hingga saat ini masih sangat lekat digunakan dalam ritual upacara tradisional Jawa seperti syukuran, upacara selama kehamilan, sunatan, pernikahan hingga upacara kematian.

Baca Juga: Ridwan Kamil Tegaskan Ibu Kota Jawa Barat Tetap Bandung

Nah, balik lagi ke Apem Beras Bu Wanti di Pasar Ngasem Yogyakarta nih. Terletak di belakang pasar, kamu bisa menemukannya sejak pukul 06.00 hingga 08.00 WIB.

Harganya pun cukup bersahabat, yaitu Rp3.000 saja. Wah, layak untuk dicari nih!

Pembuatan kue apem di lapak Bu Yanti juga masih menggunakan metode tradisional dengan menggunakan tungku bahan bakar arang.

Bahan yang digunakan untuk pembuatan apem terdiri dari tepung beras, telur, kelapa muda, gula pasir, santan, ragi, dan sedikit garam. 

"Pembeli juga boleh request saat memesan kue apem. Ingin diberi coklat atau rasa lainnya," jelasnya.

Baca Juga: Kolaborasi Dekranasda Bandung Raya Geliatkan Ekonomi Masyarakat

Lebih lanjut, Wanti mengatakan ada perbedaan antara apem yang dimakan dan apem yang digunakan untuk sesaji yang belum banyak orang ketahui.

Perberbedaannya apem untuk sesaji menggunakan koin dan daun dadap. Sedangkan apem yang dijual biasanya hanya berupa apem tidak menggunakan daun ataupun koin.

"Kalau untuk sesaji berbeda, diatasnya dikasih uang logam dan daun dadap serep itu untuk membangun lambang permintaan maaf. Kalau orang jawa pasti paham isi sesajinya," ujarnya.

Sebagai informasi, Kue Apem Beras Bu Wanti juga bisa kamu pesan dalam jumlah besar. Biasanya, pesanan tersebut berisi paket khusus yakni di dalamnya ada ketan, kolak dengan tujuh apem dihargai Rp 61.000 lengkap dengan tempatnya.

Baca Juga: Absen 5 Tahun, Fazerdaze Kembali dengan Merilis EP ‘Break!’

''Kita membuat sesuai pesanan, tinggal nanti pembeli ingin menambahkan bunga atau tidak," jelasnya.

Dalam sehari, Wanti bisa menjual apem hingga 200 buah. Jumlah itu meningkat dua kali lipat pada akhir pekan, yakni Sabtu dan Minggu.

''Bahkan dihari ruwahan dan puasa lebih banyak pemesanan apem," katanya.

TemanBaik, yuk menjelajah kuliner nikmat dari Indonesia! ***

Editor : Marshal Deru Bumi

Yuk, Ikut Usul Nama Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Ada Ide?

Ridwan Kamil Tegaskan Ibu Kota Jawa Barat Tetap Bandung