bjb KPR General_Media Online_Media Online
news-details
Indonesia Membangun
Gubernur Jabar Ridwan Kamil mendamping Presiden RI Joko Widodo meninjau lokasi pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.

Cek Pembangunan Kereta Api Cepat, Jokowi: Sudah Mencapai 88,8 Persen

BERITABAIK.ID - Gubernur Jabar Ridwan Kamil mendampingi Presiden Joko Widodo mengecek perkembangan proyek pembangunan Kereta Api Cepat Jakarta-Bandung di Kecamatan Bojongsoang, Kabupaten Bandung, Kamis (13/10/2022).

Presiden menuturkan, progres pembangunan mencapai 88,8 persen dan setelah jadi diharapkan mobilitas orang dan distribusi barang Jakarta-Bandung semakin cepat.

"Kemudian daya saing kita juga akan semakin kuat," ujar Joko Widodo.

Menurut Presiden, kereta api cepat yang menghubungkan Jakarta-Bandung akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi baru di sekitar Jakarta, Kota Bandung, dan Kabupaten Bandung.

Seperti diketahui akan ada beberapa stasiun pemberhentian kereta cepat.

Jokowi percaya kehadiran kereta cepat bakal membuka konektivitas antara Indonesia dengan negara lain di kawasan Asia Tenggara.

Baca Juga: Kisah Astuti, Bangga Gunakan IndoVac Produk Asli Indonesia

"Ya ini memang kereta api cepat yang pertama di kawasan ASEAN. Kita mengharap nanti terjadi konektivitas antarnegara, entah disambungkan dengan pelabuhan, entah itu disambungkan dengan airport dan entah nanti juga bisa disambungkan dengan kereta cepat seperti ini," kata Jokowi.

Menurut Presiden, konektivitas memang sudah menjadi gagasan besar di ASEAN agar negara-negara anggota tersambungkan secepat-cepatnya dalam rangka kerja sama.

Selain itu Jokowi menerangkan, bila proyek ini selesai, Jakarta-Bandung bisa ditempuh dalam waktu 35 menit.

"Jakarta menuju ke Bandung atau dari Bandung ke Jakarta hanya 35 menit," ungkapnya.

Bukan hanya Gubernur Ridwan Kamil yang hadir, turut dalam rombongan juga hadir mendampingi di antaranya Menteri Koordinator Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri BUMN Erick Tohir, Menteri Perhubungan Budi Karya, dan lainnya.***

Editor : Gin Gin Tigin Ginulur

Bahagianya Maya, Dapat BLT BBM dan Bisa Foto Bareng Presiden Jokowi

Kisah Astuti, Bangga Gunakan IndoVac Produk Asli Indonesia