bjb KPR General_Media Online_Media Online
news-details
Kesehatan
Ilustrasi mata manusia.

Latih 6 Gerakan Ini untuk Tingkatkan Kesehatan Mata

 

BERITABAIK.ID - TemanBaik, mata adalah salah satu bagian tubuh yang sangat penting bagi mahluk hidup, terutama manusia. Tanpa penglihatan yang baik, tentunya akan menggangu aktivitas kita sehari-hari.

Oleh sebab itu, kita harus bisa menjaga kesehatan mata dengan baik. Tidak hanya mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin A yang bagus buat mata, olahraga mata pun harus dilakukan untuk menjaga fungsi mekanis dan optik mata.

Untuk diketahui, fungsi mekanis merupakan kemampuan untuk mengoordinasikan otot-otot mata. Sementara fungsi optik adalah meningkatkan kemampuan penglihatan dan fokus mata. Cara kerjanya dengan meneruskan rangsangan cahaya hingga ke otak, sehingga objek penglihatan bisa terlihat dengan jelas.

Melansir dari berbagai sumber, ada beberapa gerakan olahraga mata yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kesehatan mata. Simak ulasannya yuk!

1. Latihan 20-20-20

Metode ini efektif mengatasi mata kejang akibat seharian menatap layar gawai atau komputer. Caranya, alihkan pandangan dengan melihat sebuah objek yang berada dalam jarak 20 kaki atau sekitar 6 meter. Tatap objek tersebut selama 20 detik. Lakukan setiap 20 menit sekali.

Baca Juga: Dua Tahun Kelahiran Album, Nadin Amizah Siapkan Konser Tunggal

2. Latihan Mengubah Fokus

Gerakan ini dilakukan dalam posisi duduk. Caranya, letakan satu jari di depan salah satu mata. Fokuskan pandangan pada jari tersebut, lalu jauhkan dari wajah.

Kemudian alihkan pandangan pada objek lain. Setelah itu kembali fokuskan pandangan pada jari.

Lakukan cara ini sebanyak 3 kali hingga mata terasa nyaman.

3. Latihan Fokus Dekat dan Jauh

Gerakan olahraga mata ini dilakukan sambil duduk. Caranya, letakkan ibu jadi dalam jarak 25 sentimeter dari wajah. Fokuskan pandangan pada jari selama 15 detik. Kemudian, alihkan pandangan pada objek lain yang berada 3 hingga 6 meter selama 15 detik. Lalu kembalikan fokus pada ibu jari. Lakukan cara ini sebanyak 5 kali.

Baca Juga: Selamat! Atalia Praratya Raih Gelar Doktor dengan Predikat Cum Laude

4. Gerakan Angka 8

Olahraga ini dilakukan dengan memfokuskan pandangan berjarak 8 kaki pada sebuah objek dilantai.Kemudian putar bola mata dengan membuat gerakan angka 8 sambil menatap lantai.

Lakukan gerakan ini selama 30 detik, lalu ubah gerakan ke arah sebaliknya.

5. Menggerakkan Mata

Gerakan olahraga mata ini bermanfaat untuk mengatasi ketegangan mata. Caranya, tutup mata dan gerakkan bola mata ke atas ke bawah.

Ulangi langkah ini sebanyak 3 kali. Lalu gerakkan bola mata ke kiri ke kanan.Ulangi sebanyak 3 kali.

Baca Juga: Serbu, #KebiasaanBaik Warga Kelurahan Wates yang Patut Ditiru

6. Pencil Pushups

Gerakan ini efektif mengatasi gangguan mata ketia kedua mata tidak mampu bergerak secara bersamaan. Pencil pushups juga efektif mengatasi mata tegang, sakit kepala dan penglihatan buram.

Caranya, pegang pensil dan bentangkan di dapan wajah. Fokuskan pandangan pada objek di belakang pensil. Kemudian gerakkan pensil ke bawah hingga sejajar dengan hidung sampai objek di belakang pensil hilang.

Setelah itu letakkan pensil di dekat wajah dan fokuskan pandangan pada pensil tersebut. Untuk memaksimalkan manfaatnya lakukan gerakan olahraga mata ini sebanyak 20 kali dalam sehari.

Nah, selain rutin menjalankan latihan gerak tersebut, konsumsi vitamin A juga diperlukan, untuk menambah daya tahan dan kekuatan matamu.

Yuk, sama-sama saling ingatkan untuk menjaga diri kita. Sehat-sehat ya, TemanBaik!

Editor : Ely Kurniawati

Pisang hingga Jahe, Coba Makanan Ini saat Asam Lambung Menyerangmu

Dua Tahun Kelahiran Album, Nadin Amizah Siapkan Konser Tunggal