bjb KPR General_Media Online_Media Online
news-details
Gaya Hidup
Ruang kerja yang nyaman bisa membantu meningkatkan produktivitas.

6 Cara Menata Ruangan Kerja agar Nyaman dan Bisa Tingkatkan Produktivitas

 

BERITABAIK.ID - Menata ruangan kerja agar nyaman merupakan hal penting karena bisa membantu meningkatkan produktivitas dalam bekerja.

Karena itu, ada beberapa tips yang bisa jadi pertimbangan guna mempermudah penataannya.

Berikut ini beberapa tips menata ruangan kerja yang baik seperti dirangkum dari laman Ekrut.

1. Pilih mebel yang baik dan sesuai

Furnitur atau mebel adalah aspek terpenting dalam menata ruangan kerja. Tentunya akan aneh jika kamu bekerja tanpa menggunakan meja dan kursi yang nyaman dan sesuai.

Ada beberapa tips yang bisa membantu jika kamu ingin menentukan meja dan kursi seperti apa yang akan dipakai nantinya.

Baca Juga: Semangat Kerja Mulai Hilang? Coba Ikuti Tips Berikut Ini

Pertama, carilah kursi yang berlengan cukup rendah agar bahumu dapat relaks. Ketika tangan akan bersandar, siku dapat membentuk sudut 90 derajat yang nyaman.

Lalu untuk meja, cari atau buatlah yang ukurannya sesuai dan ideal dengan tinggi badanmu ketika duduk.

Memang, umumnya kursi kerja dapat diatur ketinggiannya. Namun jangan sampai hal ini malah membuatmu tidak nyaman karena harus duduk dengan menggantung atau menekuk kaki.

2. Jangan biarkan meja kerja sempit dengan dokumen

Dokumen-dokumen kerja yang menumpuk di meja dapat membuat kesan tidak rapi dan membuatmu stres.

Jika kamu tidak bisa membuangnya, kamu dapat menyiasati dengan mengumpulkan dokumen tersebut ke dalam map atau kardus.

Baca Juga: Film Horor 'Pamali' Kenalkan Budaya dan Pariwisata Jabar

Kemudian, map atau kardus tersebut bisa ditaruh di tempat lain yang tidak mengganggu pemandangan kerjamu.

Dokumen-dokumen yang dapat dimasukkan bersifat sudah tidak dikerjakan, namun masih penting disimpan.

Untuk dokumen-dokumen lain yang masih kamu kerjakan dapat dibiarkan di atas meja.

Hal ini dapat membantu pekerjaanmu menjadi lebih cepat karena dokumen pekerjaan yang sedang kamu kerjakan tidak tercampur dengan dokumen lain yang tidak ada kaitannya.

3. Atur cahaya yang ada

Idealnya, sebuah ruang kerja harus memiliki jendela yang banyak dan mampu memberikan sebanyak-banyaknya cahaya alami dari matahari.

Baca Juga: Ribuan Cangkir Kopi Terbaik Jabar Dibagikan dalam Acara 'Bibit Ngora' 

Selain mampu mengurangi pemakaian listrik, sinar matahari juga bagus untuk memperbaiki suasana hati dan dapat membuat lebih produktif.

Namun, mungkin tidak semua orang berkesempatan merasakan ruang kerja yang dikelilingi jendela besar. Oleh karena itu, mengatur cahaya buatan dari lampu juga perlu dilakukan.

Sebuah meja kerja harus disinari satu lampu di atasnya untuk memberikan cahaya lampu yang cukup.

Dalam bekerja, kamu akan banyak melakukan aktivitas seperti membaca, menulis, dan lain-lain.

Kegiatan ini sangat memerlukan keberadaan cahaya yang cukup demi kesehatan mata.

4. Jaga temperatur ruangan

Temperatur dan suhu sangat penting dalam menciptakan kenyamanan ruang kerja. Jika terlalu dingin, produktivitasmu mungkin terganggu.

Baca Juga: Malioboro Coffee Night, Ajang Saling Temu Produk Kopi Lokal

Namun, jika terlalu panas, konsentrasimu mungkin akan terusik.

Kamu harus bisa mengatur suhu di ruang kerja dengan menyesuaikan kondisi tubuhmu. Jadi, pastikan jangan terlalu panas, namun juga jangan atur AC-mu menjadi terlalu dingin.

Biarkan ruang kerjamu berada pada temperatur sejuk yang membuat nyaman tanpa mengorbankan konsentrasi dan produktivitas.

5. Tata meja kerja menjadi lebih nyaman dan personal

Meja kerja yang tanpa hiasan apapun akan membuatmu mudah merasa bosan dan tidak nyaman.

Namun, tidak demikian dengan meja kerja yang ditata dengan suasana “rumah”, dan melibatkan beberapa hal personal.

Baca Juga: Awal Perjalanan David Bayu lewat Album ‘Di Dalam Jiwa’

Misalnya seperti memajang foto bersama keluarga atau pasangan di dekat layar komputer.

Kamu juga dapat mendekorasi meja dengan kalender yang penuh warna dan gambar. Atau, dengan memakai papan ketik dan tetikus yang memiliki warna favoritmu.

6. Atur letak kabel agar tidak berantakan

Kabel yang tidak ditata dengan baik dapat menjadi penyebab meja kerja terasa sempit dan berantakan.

Hal ini dapat membuat ruang kerjamu kehilangan kesan nyaman.

Jadi, carilah cara untuk mengatur kabel-kabel dari komputer atau gawaimu agar tidak berserakan.

Kamu dapat mencoba mengikatnya menjadi satu dan menyembunyikan kabel-kabel tersebut di bawah meja.

Bisa juga dengan menempelkannya menjadi satu menggunakan selotip dan menggantungnya di dinding.

Menata ruangan kerja agar nyaman dapat dilakukan dengan beragam cara dan dapat disesuaikan selera masing-masing.

Namun, sebelum menatanya, menjaga kerapian dari ruangan kerja adalah hal terpenting.***

Editor : Ely Kurniawati

Regsosek 2022, Cara BPS Wujudkan Program Satu Data

Semangat Kerja Mulai Hilang? Coba Ikuti Tips Berikut Ini