bjb KPR General_Media Online_Media Online
news-details
Gaya Hidup
Salah satu cara melepas penat setelah sepekan bekerja adalah travelling.

Ingin Liburan Hemat Tapi Menyenangkan? Ikuti 8 Tips Berikut Ini

 

BERITABAIK.ID - Setelah bekerja selama sepekan, nggak ada salahnya menyisihkan sedikit waktu untuk pergi liburan. 

Sebab, liburan bisa membantu melepaskan rasa penat dan membangkitkan semangat kembali bekerja.

Nah, di bawah ini, ada beberapa cara liburan smart, asyik tapi tetap hemat.  Yuk ikuti tips berikut ini seperti disadur dari laman resmi OJK:

1. Persiapkan Dana Travelling

Agar tidak mengganggu cash flow kamu, ada baiknya persiapkan dana untuk travelling jauh-jauh hari sebelum waktu rencana keberangkatanmu, terutama bagi kamu yang memang memiliki hobi tavelling.

Baca Juga: RBM Kota Bandung, Kekuatan Bagi Para Disabilitas Sejak 1985

Usahakan tidak mengeluarkan uang lebih dari anggaran yang telah kamu persiapkan sejak awal, sehingga tidak mengganggu anggaran lainnya.

Kamu boleh menabung 3 bulan, 6 bulan sebelumnya, atau lebih. Berangkat liburan secara mendadak dengan memanfaatkan pendapatan kamu sebulan, hanya akan membuat kamu ‘tekor’ alias akhir bulan hanya makan mi instan!

Terpenting, jangan sampai gunakan cicilan kartu kredit untuk membiayai liburanmu!

2. Hindari Musim Liburan

Saat musim liburan atau high season, harga barang dan jasa akan naik pada hampir semua tempat wisata.

Oleh karena itu, selain dapat menikmati tempat liburan dengan lebih nyaman karena lokasi cenderung lebih sepi pengunjung, ada baiknya kamu berangkat saat low season karena harga yang ditawarkan lebih murah.

3. Pesan Tiket Tranportasi dan Penginapan Lebih Awal

Pesan tiket transportasi dan penginapan sejak awal. Hindari memesan dalam waktu dekat, apalagi membeli tiket di tempat atau go-show, karena harga yang ditawarkan lebih mahal.

Baca Juga: Peduli Kesehatan Mental, Mahasiswa UGM Buat Jam Tangan Pendeteksi Stres

Selain memesan lebih awal, kamu juga bisa mengunjungi pameran liburan/travel fair untuk mendapatkan penawaran harga yang lebih murah serta promo potongan harga yang menarik.

Agar lebih hemat dan praktis, kamu juga bisa memilih paket liburan menarik yang ditawarkan oleh beberapa travel agent, biasanya sudah termasuk tiket pesawat, penginapan dan konsumsi.

4. Siapkan Kebutuhan Pokok Sebelum Keberangkatan

Obat-obatan, peralatan mandi, makanan ringan, dan kebutuhan yang sekiranya akan diperlukan selama berwisata, lebih baik dipersiapkan sebelum keberangkatan.

Barang-barang tersebut biasanya dijual dengan harga yang lebih mahal di sekitar tempat wisata, mengingat hampir setiap orang pasti membutuhkannya.

5. Manfaatkan Free Wi-fi

Jaringan wi-fi gratis akan membantu menghemat biaya pengeluaranmu. Jika kamu berencana berlibur ke luar negeri, cari tahu informasi mengenai provider/sewa portable wi-fi yang berkualitas namun harganya tetap terjangkau.

Baca Juga: Musim Hujan Tiba, Awas! Hindari Parkir Kendaraan di Bawah Pohon

6. Tentukan Destinasi Sebelum Berangkat

Pilih dan tulis daftar tempat yang ingin kamu kunjungi pada kota tujuanmu. Lakukan survei tempat menarik melalui beberapa review yang ada di beberapa situs internet atau mobile apps yang tersedia.

Hindari memilih tujuan secara mendadak saat hari H, karena hal tersebut akan membuang sia-sia lebih banyak waktu liburanmu.

Sebaiknya hindari pula memilih terlalu banyak tujuan, karena selain menghabiskan banyak energi, mengunjungi terlalu banyak tempat juga memakan lebih banyak biaya.

Apalagi kalau kamu sampai jatuh sakit karena kelelahan. Wah, malah bisa makan lebih banyak biaya, kalau sampai berobat ke rumah sakit segala!

7. Gunakan Uang dengan Bijak

Jika tujuanmu adalah refreshing dari rutinitas setiap hari, alangkah baiknya jika kamu tidak menjadikan belanja sebuah prioritas.

Baca Juga: Limpahan Doa Insan Sepak Bola Bandung untuk Korban Tragedi Kanjuruhan

Seringkali kita lapar mata saat mengunjungi pusat perbelanjaan, terutama jika sedang big sale.

Terkadang, ‘penyakit’ kita adalah tergoda untuk membeli barang dengan harga miring tanpa memikirkan kegunaan barang tersebut ke depannya.

Usahakan lebih menahan diri dan bertanggung jawab atas barang yang telah kamu beli.

Lebih baik lagi jika kamu membatasi anggaran berbelanja selama liburan menjelang keberangkatan, serta mencatat dengan rinci setiap pengeluaranmu sekecil apapun nilainya.

8. Miliki Asuransi Perjalanan

Banyak traveller yang masih mengabaikan pentingnya asuransi perjalanan. Meskipun harus membayar uang ekstra, asuransi perjalanan itu sangat penting dimiliki untuk memberikan kamu perlindungan selama berwisata.

Banyak sekali manfaat yang didapat ketika kita memiliki asuransi perjalanan.

Asuransi perjalanan tidak hanya menanggung kecelakaan atau meninggal saja, namun delay pesawat pun dapat ditanggung.

Jika bagasi atau barang anda hilang juga diganti bila dirasa perlu. Bahkan ada asuransi yang menanggung kegiatan penuh tantangan seperti naik gunung, rafting, sky-diving.***

Editor : Ely Kurniawati

#AksiBaik Pemuda Kota Bandung Bersihkan Jalan dan Perangi Vandalisme

RBM Kota Bandung, Kekuatan Bagi Para Disabilitas Sejak 1985