bjb KPR General_Media Online_Media Online
news-details
Indonesia Bercerita
Atanasius Tora Rangga Kaleka, penggagas jam tangan pendeteksi stres dari Universitas Gadjah Mada.

Peduli Kesehatan Mental, Mahasiswa UGM Buat Jam Tangan Pendeteksi Stres

BERITABAIK.ID - Mahasiswa UGM Atanasius Tora Rangga Kaleka membuat jam tangan pintar yang memungkinkan pengguna untuk memonitor tingkat stres (stress watch) yang dialami penggunanya.

Tora, sapaan akrabnya, menyebut stress watch dirancang dengan terhubung ke ponsel melalui koneksi Bluetooth. Jam tangan pintar ini dilengkapi dengan beberapa parameter untuk mendeteksi tingkat stres seseorang yang terdiri dari perubahan detak jantung, perubahan tekanan darah, keringat, dan perubahan suhu.

Selain itu, ada juga fitur berupa pengingat, alarm, catatan, komunikasi dokter dan pengukur langkah.

Istimewanya lagi, pengguna bisa mencatat rekam medis dengan rumah sakit setempat. Sehingga apabila pengguna mengalami stres berkepanjangan, maka rumah sakit siap untuk memberikan penanganan dan dokter dapat menghubungi pasien secara daring.

Baca Juga: Musim Hujan Tiba, Awas! Hindari Parkir Kendaraan di Bawah Pohon

Tora melanjutkan, latar belakang gagasan pengembangan Stress Watch terkait dengan kondisi masyarakat saat ini yang rentan terkena stres, termasuk kalangan mahasiswa.

“Stres harus dikelola dengan baik agar nantinya tidak menimbulkan persoalan kesehtaan mental yang lebih serius dan membahayakan diri,” ujarnya.

Oleh sebab itu, ia berpikir untuk mengembangkan suatu alat yang mampu mendeteksi atau mengukur tingkat stres seseorang dan membantu menghubungkan dengan tenaga profesional.

Baca Juga: Limpahan Doa Insan Sepak Bola Bandung untuk Korban Tragedi Kanjuruhan

Ide pengembangan Stress Watch sebagai solusi pencegahan stres ini juga mendapat apresiasi dan prestasi di kancah nasional.

Ya, dengan ide ini, Tora baru saja meraih juara pertama kompetisi menulis esai nasional IAIN Pekalongan Mathematics Competition 2022 pada 10 September 2022 lalu.

TemanBaik, yuk dukung setiap inovasi dari anak muda Indonesia. Seperti inovasi Tora. Yuk, dukung agar produknya bisa dipasarkan dan juga bermanfaat bagi banyak orang. ***

Editor : Marshal Deru Bumi

RBM Kota Bandung, Kekuatan Bagi Para Disabilitas Sejak 1985

Musim Hujan Tiba, Awas! Hindari Parkir Kendaraan di Bawah Pohon