bjb KPR General_Media Online_Media Online
news-details
Indonesia Bercerita
Seorang pengunjung berkegiatan di Rumah Edukasi Motekar, Cihapit, Kota Bandung.

Motekar, Pusat Edukasi Ketahanan Pangan dan Lingkungan di Cihapit

 

BERITABAIK.ID - Rumah Edukasi Motekar di Kelurahan Cihapit hadir menjadi pusat edukasi masyarakat untuk mengembangkan konsep ketahanan pangan, pengolahan sampah, hingga edukasi masyarakat.

Berawal dari pemanfaatan lahan kosong di tengah Kota Bandung, lahan seluas 700 meter persegi tersebut disulap menjadi rumah edukasi.

Koordinator Rumah Edukasi Motekar, Iman Sinarjadi mengatakan, pembangunan Rumah Edukasi Motekar dimulai sejak 2019 lalu, diinisiasi oleh Kelurahan Cihapit bersama warga untuk memanfaatkan lahan kosong milik Pemkot Bandung.

"Idenya kita buat tempat edukasi bagi warga untuk urban farming dan pengembangan potensi ekonomi masyarakat," ujar Iman.

Berbagai program dan inovasi yang hadir di Rumah Edukasi melalui program 7 Motekar. Pertama, rawat flora dan fauna untuk meningkatkan indeks kebahagiaan para lansia.

Baca Juga: 8 Desainer Indonesia Ini Mendunia, Karyanya Dipakai Artis Internasional

Peningkatan ekonomi masyarakat melalui berbagai pelatihan bagi UMKM seperti penentuan HPP, pemasaran, handcraft, dan pelatihan penyusunan laporan keuangan.

Selain itu, adapula program bakti sosial seperti cek kesehatan gratis serta beksos bagi masyarakat sekitar.

Ketahanan pangan melalui urban farming tanaman hidroponik serta tanaman buah, budidaya ikan nila serta lele, budidaya ayam petelur, budidaya magot serta lebah madu. 

Ada pula program peningkatan kualitas inovasi milenial yakni pelatihan content creator, buka toko online, penjajakan program usaha dan pelatihan industri kreatif

Hadir juga Sekolah Bahasa Inggris untuk meningkatkan kemampuan bahasa dari masyarakat. Terakhir, program pengolahan sampah organik dan anorganik.

"Sejauh ini rumah edukasi Motekar telah mengolah lebih dari 9.942 kg sampah organik dan 7.585 kg sampah anorganik," katanya.

Baca Juga: Mau Diet di Tengah Rutinitas Padat, Begini Cara Efektifnya

Berbagai program pelatihan ini selanjutnya diimplementasikan warga dirumahnya masing-masing di kelurahan Cihapit. 

"Sudah banyak yang menanam hidroponik hingga budidaya lele. Selain itu, UMKM disekitar sini juga sudah mulai go online," ujarnya.

Rumah Edukasi Motekar telah dikunjungi oleh lebih dari 20 universitas di Indonesia untuk menjadi inkubator praktek ilmu.

"Alhamdulillah sudah datang dari Unpad, ITB, Unair, UGM, Unpar, Unpas, Unisba, Sangga buana, dan Telkom University. Kita juga lakukan kolaborasi dengan mereka," ungkapnya.

Sementara itu, Lurah Cihapit, Inda Choerul Bariah berharap melalui berbagai program yang dilaksanakan di Rumah Edukasi Motekar dapat menjadikan masyarakat yang mandiri dalam mengelola sampah, ketahanan pangan keluarga dan peningkatan ekonomi.

"Kita mendorong masyarakat menjadi mandiri untuk mengurangi sampah, ketahanan pangan dan memanfaatkan lahan kosong di lingkungan skala rumah tangga," ujarnya.

Ia juga mengatakan hadirnya Rumah Edukasi Motekar juga sebagai upaya untuk meningkatkan indeks kebahagiaan masyarakat dan edukasi yang dapat diimplementasikan oleh warga Kelurahan Cihapit serta mendukung program prioritas Wali Kota Bandung. 

Editor : Marshal Deru Bumi

Masih Muda Sudah Beruban, Simak di Sini 6 Penyebabnya

Cetak Generasi Saleh dan Salihah dengan Kebiasaan Kecil Ini