bjb KPR General_Media Online_Media Online
news-details
Tempat Wisata
Ilustrasi Traveling.

Agar Tenang Selama Berlibur, Kenalan dengan Asuransi Perjalanan Yuk!

 

BERITABAIK.ID - TemanBaik, kamu pecinta perjalanan atau traveling? Pernah enggak terpikir mengasuransikan perjalananmu supaya lebih aman?

Perlu kita ketahui, setiap perjalanan liburan bersama orang tercinta adalah hal yang menyenangkan. Akan tetapi, risiko dalam perjalanan itu pasti saja ada loh!

Makanya, penting buat kita lebih kenal dengan asuransi perjalanan.

Melansir dari berbagai sumber, ada beberapa keuntungan yang kita dapat saat mengasuransikan perjalanan kita. Simak ulasannya, yuk!

1. Keringanan Biaya Medis

Setiap orang yang melakukan perjalanan pasti memiliki harapan bahwa perjalanan yang ditempuhnya akan menyenangkan sehingga dapat memberikan kenangan tersendiri. Pastinya  tidak ada seorangpun yang ingin merasakan rasa sakit selama menempuh perjalanan.

Bayangkan saja ketika kita melakukan perjalanan ke luar negeri dan saat itu tiba-tiba sakit serta membutuhkan perawatan medis. Begitu banyak pikiran pasti akan membuat perjalanan kita jadi tidak nyaman.

Baca Juga: Sejarah Celana Jeans, Pakaian Pekerja yang Kini Jadi Favorit Semua Kalangan

Asuransi perjalanan akan mengurangi dan membantu medis yang dikenakan apabila hal tersebut terjadi pada kita.

Secara tidak langsung, asuransi ini hampir memiliki sifat yang sama seperti mengikuti asuransi jiwa.

2. Dana Sumbangan Kematian

Setiap perjalanan pasti memiliki risiko terhadap terjadinya kecelakaan yang menyebabkan kematian seseorang. Dengan memiliki asuransi perjalanan, seorang ahli waris akan memiliki warisan berupa sumbangan kematian, apabila terdapat keluarga atau kerabat yang mengalami kecelakaan dan menyebabkan kematian selama perjalanan.

Tentunya, kita tidak mengharapkan terjadi sesuatu pada kita sebagabi ahli waris. Tapi perlu diketahui juga, mempersiapkan segala hal untuk ahli waris ini tidak mudah.

3. Adanya Kompensasi Keterlambatan atau Pembatalan Perjalanan

Keterlambatan ataupun pembatalan dengan menggunakan moda transportasi apapun seringkali dialami oleh beberapa orang saat melakukan perjalanan. Kejadian seperti ini tentunya pasti akan merugikan para pengguna moda transportasi tersebut. Adanya asuransi perjalanan dapat dimanfaatkan untuk menutupi kerugian bagi para pengguna moda transportasi tersebut.

Baca Juga: Jangan Lupa Sarapan! Simak Manfaatnya bagi Kesehatan Tubuh dan Otak

Pada kasus seperti ini seseorang yang menggunakan asuransi perjalanan biasanya akan mendapatkan kompensasi seperti tempat penginapan maupun jenis kompensasi lainnya.

Setiap perusahaan asuransi perjalanan memiliki perbedaan tawaran jenis-jenis asuransi perjalanan. Sebagain klien asuransi perjalanan dapat mengajukan klaim apabila terjadi hambatan atas perjalanan yang ditempuhnya.

4. Klaim Ganti Rugi Atas Kerusakan atau Kehilangan Bagasi

Kerusakan ataupun kehilangan bagasi merupakan suatu hal yang pernah dirasakan oleh seseorang saat melakukan perjalanan. Apabila kita menggunakan asuransi selama perjalanan, kita berhak mengajukan klaim ke perusahaan asuransi atas kejadian yang terjadi saat mudik. Asuransi yang demikian memiliki sifar Asuransi yang demikian memiliki.

5. Kerugian Atas Adanya Terorisme atau Bencana Alam

Kita tidak akan tahu apa yang akan terjadi di tempat destinasi dari perjalanan kita. Tidak ada salahnya mempersiapkan segala hal sedini mungkin terhadap hal-hal diluar kendali kita.

Kita tidak akan tahu apa yang akan terjadi di tempat destinasi dari perjalanan kita. Tidak ada salahnya mempersiapkan segala hal sedini mungkin terhadap hal-hal diluar kendali kita.

Baca Juga: Masih Berlangsung, Yuk Ikutan Bulan Dana Kemanusiaan PMI Kota Bandung!

6. Bantuan Hukum

Berbagai macam penawaran selalu dilakukan oleh pihak asuransi perjalanan untuk menarik klien. Salah satu penawaran yang biasanya dilakukan oleh pihak asuransi adalah bantuan hukum pihak ketiga.

Jadi apabila kamu sebagai klien memperoleh kasus hukum di negara tujuan perjalanan, klien dapat menggunakan jasa ini untuk memperoleh pengacara.

Contohnya saja jika seseorang memperoleh masalah hukum terkait perbankan di negara tujuan perjalanan.

Pihak asuransi akan membantu dalam menyelesaian masalah ini dengan menawarkan bantuan hukum baik berupa pengaca atau layanan bantuan hukum lainnya.

7. Perlindungan Rumah Tinggal

Selama bepergian seringkali seseorang meninggalkan tempat yang biasa dihuni dalam keadaan kosong. Beberapa agensi asuransi perjalanan menyediakan fasilitas asuransi rumah. Umumnya para ahli asuransi melakukan proteksi akan kebakaran atau kemalingan terhadap sebuah rumah. 

Baca Juga: Belajar dari Zulfan, Penyandang Celebral Palsy yang Pantang Menyerah

Dengan banyaknya manfaat yang diperoleh atas asuransi perjalanan tentunya akan membuat kita merasa aman dan nyaman untuk memanfaatkan asuransi tersebut.

Data dari beberapa agensi asuransi perjalanan di Indonesia juga menyatakan bahwa dengan menurunnya angka covid-19 di Indonesia meningkatkan daya beli masyarakat terhadap asuransi perjalanan.

Bagaimana, TemanBaik? Mulai terpikir mencantumkan asuransi perjalanan ke dalam daftar pendanaanmu? Melihat berbagai keuntungan yang bisa kita dapat, enggak ada salahnya kita persiapkan indahnya perjalanan tanpa melalaikan asuransi perjalanannya. ***

Editor : Ely Kurniawati

Menilik Pesan Moral dalam Seni Teater Khas Betawi Lenong

Sejarah Celana Jeans, Pakaian Pekerja yang Kini Jadi Favorit Semua Kalangan