bjb KPR General_Media Online_Media Online
news-details
Kisah Inspiratif
Natalia Mandy Widjaya, siswi SLB Negeri Pajajaran Kota Bandung.

Belajar dari Natalia, tak Pernah Minder Jadi Seorang Tunanetra

BERITABAIK.ID - TemanBaik, gadis ini namanya Natalia Mandy Widjaya. Dia adalah siswi Sekolah Luar Biasa Negeri (SLBN) A Pajajaran Kota Bandung.

Kisahnya menjalani aktivitas bisa dijadikan contoh. Meski tunanetra, Natalia tak pernah minder. Bahkan dia menorehkan prestasi

Pada lomba Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) Tingkat Nasional Tahun 2022 untuk kategori Olahraga Bocce, Natalia meraih juara pertama.

Sebagai informasi, Bocce merupakan olahraga yang menggabungkan antara bowling dan biliar. 

Bocce awalnya diperuntukkan bagi anak tunagrahita. Namun kini, olahraga itu juga diikuti oleh penyandang disabilitas tunanetra.

Baca Juga: Sering Dijumpai, 5 Buah Ini Ternyata Bisa Redakan Sakit Mag

"Jujur ya, dari hati yang terdalam, saya kadang suka malu, saya kan tunanetra," kata Natalia kepada Beritabaik.id.

Namun, Natalia berusaha menghilangkan rasa malu tersebut dengan membayangkan orang-orang yang kondisinya lebih parah.

"Ada juga kondisinya lebih parah dari saya. Makanya saya tetap bersyukur dengan keadaan ini," ucap Natalia.

Perlahan, Natalia mencoba lebih percaya diri. Bahkan, kini dia merasa lebih baik daripada orang-orang yang nasibnya lebih parah.

"Saya harus wujudkan impian saya, dan harus wujudkan impian mereka juga yang tunanetra. Ya mewakili merekalah dengan mewujudkan impian saya," ujarnya.

Baca Juga: Simak, 4 Jenis Minuman Ini Bisa Mencegah Risiko Peradangan

Dalam proses menumbuhkan rasa percaya diri, Natalia mendapat dukungan dari orangtua, guru-guru yang ada di SLBNA Pajajaran, dan teman-temannya.

Berbekal rasa percaya diri itulah, Natalia mengikuti lomba O2SN Tingkat Nasional tahun 2022 untuk kategori Olahraga Bocce.

Kegiatan ini diselenggarakan secara online beberapa waktu lalu.

"Pesertanya juga anak-anak disabilitas. Dari cabang olahraga ini, ada beberapa orang yang mengikuti olahraga Bocce. Alhamdulillah saya juara pertama. Selain tunagrahita, olahraga ini juga tunanetra," ujar Natalia.

Tak puas dengan hanya mengikuti olahraga Bocce, Natalia pun ingin mencoba sesuatu yang baru.

Baca Juga: Yuk, Kenali Berbagai Khasiat Talas bagi Kesehatan

"Saya bisa dan saya harus siap, bukan hanya bisa, tapi harus bisa," jelas siswi kelas XI ini

Sebagai penutup, Natalia berpesan kepada anak-anak disabilitas untuk tidak pernah takut mencoba, berani maju dan menghadapi tantangan.

"Tantangan itu mau besar, maupun jadikan sebagai pengalaman. Jadi harus berani maju ke depan, mencoba sesuatu yang baru, karena kalau tidak bisa mencoba sesuatu yang baru, kapan dapat pengalamannya," pesan Natalia.

Dengan mengikuti cabang olahraga Bocce, Natalia berharapbisa maju ke tahap selanjutnya dan membawa nama baik keluarga serta SLBNA Pajajaran Kota Bandung.

"Harapan saya untuk adik-adik kelas saya, bisa mengikuti jejak saya dan saya juga semakin bisa mengikuti jejak kakak kelas saya," ujar Natalia.

"Selain itu, sekolah lain juga bisa berkembang seperti sekolah saya. Karena saya ingin sekolah saya maju dan lebih baik sebelumnya," tambahnya. ***

Editor : Okky Adiana

Asyiknya Diskusi Fotografi di Red RAWS Center, Yuk Ikutan!

Sering Dijumpai, 5 Buah Ini Ternyata Bisa Redakan Sakit Mag