bjb KPR General_Media Online_Media Online
news-details
Teknologi
Mahasiswa UGM menggulirkan terobosan baru dengan membuat genting pintar bertenaga surya.

Genting Pintar Berbasis Teknologi, Terobosan Baru Mahasiswa UGM

 

BERITABAIK.ID - Ada terobosan baru dari Mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM). Mereka membuat genting pintar bertenaga surya yang dinamakan Smart Rooftop.

Material bangunan ini dilengkapi dengan energi sel surya yang berbasis Internet of Things (IoT) yang dilapisi self-cleaning glass.

“Sama seperti genting pada umumnya, tetapi dilengkapi sel surya yang dapat digunakan sebagai sumber energi listrik dengan self-cleaning glass agar kotoran yang menempel pada permukaan mudah dibersihkan lewat ponsel,” kata Nifwan Arbi Nugroho, salah satu kreator di balik tim Smart Rooftop.

Baca Juga: STMM Yogyakarta-UM Bandung, Jalin Kerja Sama Sertifikasi Bidang Komunikasi

Lebih jauh lagi, keunggulan genting surya ini ada pada penggunaan teknologi IoT sehingga memudahkan proses perawatan secara otomatis dari gawai.

Bahkan, kita bisa mengetahui performa genting surya hingga mengetahui keadaan lingkungan sekitar.

Selain itu, genting surya ini terdapat berbagai sensor seperti sensor suhu, sensor hujan, sensor kelembapan, sensor cahaya LDR (Light Dependent Resistor), dan sensor daya yang membuat pengguna mengetahui kondisinya.

“Genting pintar ini dilengkapi alat penyiram air yang terhubung dengan perangkat ponsel pintar, proses pemeliharaan dapat dilakukan secara otomatis saat tidak ada hujan,” jelasnya lebih lanjut.

Meski baru sebatas penelitian, genting pintar bertenaga surya ini akan terus dikembangkan agar nantinya bisa lebih banyak fitur-fitur yang ditambahkan pada genting.

Baca Juga: Makam Lemo Toraja, Lebih Tinggi Lokasi, Makin Dekat dengan Tuhan

Selain itu, para anggota tim berharap Smart Rooftop bisa dikomersilkan supaya bisa memberi manfaat kepada masyarakat luas.

Selain Nifwan, genting pintar bernama Smart Rooftop ini dirancang oleh Lathief Nurmahmudi Wijaya, Muhammad Rafif Taqiyuddin dan Maulana Istar dengan mendapat bimbingan dosen Fakultas Teknik UGM, Ahmad Agus Setiawan, ST., M.Sc., Ph.D.

Inovasi ini terinspirasi dari temuan bahwa Indonesia memiliki potensi sumber energi terbarukan dalam jumlah yang sangat besar dengan potensi 400.000 Megawatt.

Hebatnya, separuh di antaranya berasal  dari potensi energi matahari. 

Pengerjaan inovasi genting surya ini melalui kegiatan Program Kreativitas Mahasiswa Bidang Karsa Cipta (PKM - KC) UGM dan memperoleh sumber dana dari Kemendikbud Ristek.***

 

 

 

Editor : Marshal Deru Bumi

Rilis 3 Lagu Baru, .Feast Lengkapi Album 'Abdi Lara Insani'

STMM Yogyakarta-UM Bandung, Jalin Kerja Sama Sertifikasi Bidang Komunikasi