bjb KPR General_Media Online_Media Online
news-details
Gaya Hidup
Film KADET 1947

3 Film Kemerdekaan Ini Cocok Jadi Inspirasi Role Model Generasi Z

BERITABAIK.ID - TemanBaik, semangat menyambut HUT Kemerdekaan Republik Indonesia makin terasa.

Nah, salah satu kegiatan yang bisa kamu lakukan adalah menonton film-film bertemakan kemerdekaan.

Biasanya, film ini erat kaitanya dengan sejarah dan perjuangan para pejuang negara dalam melawan para penjajah.

Selain belajar sejarah, kamu juga bisa memetik pelajaran lain ketika menonton film-film ini.

Misalnya meneladani perjuangan pahlawan muda yang saat berjuang melawan penjajah mungkin usianya sama dengan kalian saat ini.

Baca Juga: Ada '3 Menit untuk Indonesia', Mari Hormat Sejenak!

Punya panutan atau role model pahlawan juga bisa memberi banyak inspirasi untuk keseharian kamu.

Bicara role model, Gen Z ternyata punya ikatan erat terhadap sosok tokoh atau figur yang dipandang punya nilai dan pandangan hidup yang sama.

Penelitian dari UMN Consulting menyebutkan, Gen Z menjadikan role model sebagai perpanjangan diri mereka.

Untuk itu, memilih role model harus cermat, agar tidak terjerumus pada hal-hal negatif dan kurang produktif.

Bagaimana dengan kalian? Pastinya kalian ingin punya sosok yang bisa menginspirasi diri untuk jadi pribadi yang lebih berani, punya daya juang tinggi, dan semangat besar untuk mengejar mimpi kan?

Baca Juga: Menparekraf Dorong Pesantren Manfaatkan Teknologi Digital

Coba deh, cek sosok kisah para pahlawan di tiga rekomendasi film ini:

KADET 1947 (2021)

Film besutan Temata Studios dan didukung oleh Legacy Pictures ini mengisahkan perjuangan empat orang Kadet (pelajar Angkatan Udara) yang mengajukan diri untuk membalas serangan ke markas musuh pasca pengeboman hanggar mereka oleh tentara Belanda.

Bayangkan, di usia muda, masih belajar merakit pesawat umpan, namun punya semangat tinggi untuk secara sukarela maju di garda terdepan melawan penjajah.

Baca Juga: Khalimatus Sayidah, Srikandi Para-Bulutangkis dengan Semangat Juang Mantap

Film yang dibintangi Kevin Julio, Wafda, Bisma Karisma, Omara Esteghlal, Marthino Lio, Fajar Nugra, dan Chicco Kurniawan ini pas banget untuk ditonton bareng teman dan keluarga. Buat yang belum nonton, film KADET 1947 sudah tersedia di platform OTT Netflix, lho.

Bumi Manusia (2019)

Nah, buat kamu penyuka sastra, jangan sampai kelewatan untuk menonton film ini. Film drama biografi sejarah Indonesia yang disutradarai Hanung Bramantyo juga terinspirasi dari novel berjudul sama karya Pramoedya Ananta Toer.

Film ini dibintangi Iqbaal Ramadhan, Mawar Eva de Jongh, dan Sha Ine Febriyanti. Film ini menceritakan kegamangan Minke (Iqbaal Ramadhan antara kemajuan negara Eropa, hubungannya dengan Annelies (Mawar Eva).

Baca Juga: Mengenang Mukti Mukti, Musisi yang 'Jauh dari Keluasan Kota'

Juga bagaimana kegigihan Nyai Ontosoroh (Sha Ine Febriyanti) memperjuangkan keadilan.

Kartini (2017)

Berjuang tanpa angkat senjata. Film ini cocok banget untuk generasi muda yang ingin memahami makna berjuang yang lebih luas. Seperti yang dilakukan Raden Adjeng Kartini.

Pahlawan Gen Z di masanya, yang gigih memperjuangkan kesetaraan agar perempuan bisa mendapat pendidikan setara dengan laki-laki.

Dibintangi para aktor kawakan seperti Dian Sastrowardoyo, Ayushita, Reza Rahadian, juga Christine Hakim, film ini akan memperkuat semangat dan daya juang kamu untuk menggapai mimpi.

Dari para sosok muda di film ini, kalian bisa banyak menyerap sisi positif tentang karakter diri yang perlu dibangun untuk menjadi pribadi yang lebih berkualitas lagi.

Beda zaman, bukan berarti gak relate, kan? Kini saatnya kita menjadi generasi muda dengan semangat juang para pahlawan, selamat hari kemerdekaan!

Editor : Gin Gin Tigin Ginulur

Empat Desa Naik Kelas, Ridwan Kamil Serahkan Empat Maskara

Ada '3 Menit untuk Indonesia', Mari Hormat Sejenak!