bjb KPR General_Media Online_Media Online
news-details
Tempat Wisata
Festival Kreatif Lokal 2022 merupakan kegiatan yang mendukung pariwisata dan UMKM di Indonesia.

Belanja Sambil Mengenal Desa Ramah Berkendara di ‘Festival Kreatif Lokal 2022’

BERITABAIK.ID - Sebagai dukungan untuk pariwisata dan UMKM di Indonesia, ada acara seru bertajuk Festival Kreatif Lokal 2022.

Acara ini merupakan kolaborasi Kemenparekraf RI bersama Adira Finance sebagai upaya pengembangan pariwisata, budaya, kearifan lokal, dan pemberdayaan UMKM di Indonesia khususnya di desa wisata.

Festival ini bakal diadakan di 5 desa wisata di Jawa dan Bali yang meliputi kegiatan desa wisata kreatif, yaitu pelatihan dan pendampingan UMKM, festival pasar rakyat, dan jelajah desa wisata ramah berkendara.

Menparekraf Sandiaga Uno menyebut keberadaan desa wisata terbukti mampu mendorong kebangkitan ekonomi dan terbukanya lapangan kerja.

Di tengah kondisi pandemi lalu, tingkat kunjungan wisatawan ke desa wisata justru tumbuh 30 persen.

Baca Juga: Pemkot Bandung akan Gelar Pameran Produk Koperasi dan UMKM

"Sebanyak 50 desa wisata terbaik yang terpilih tahun lalu (ADWI 2021) semuanya mengalami peningkatan kunjungan," kata Sandiaga lewat keterangan resminya.

"Kita ingin semua desa wisata dapat meningkatkan kualitas dan ini merupakan tantangan. Kita tidak bisa kerja sendiri harus menggandeng beberapa pentahelix seperti Adira," tambah Sandiaga. 

Dia berharap program strategis seperti ini bisa terus digelar konsisten guna menumbuhkan geliat ekonomi kreatif dan pariwisata di tingkat daerah, di Indonesia.

Sementara itu Direktur Utama Adira Finance Dewa Made Susila menjelaskan, rangkaian kegiatan Festival Kreatif Lokal 2022 terdiri dari beberapa kegiatan.

Pertama, Desa Wisata Kreatif, yaitu program pengembangan bagi UMKM setempat untuk dapat menciptakan paket wisata Desa Wisata Ramah Berkendara yang dapat dijual dan memiliki selling value.

Baca Juga: Gugum Gumbira, Maestro Jaipong Penerima Tanda Kehormatan RI

Kegiatan mencakup pendampingan dan penguatan kapasitas pengelola destinasi pariwisata di bidang pariwisata dan ekonomi kreatif di masing-masing dari kelima Desa Wisata.

Lalu ada Jelajah Desa Wisata Ramah Berkendara, yang merupakan kegiatan berkendara puluhan komunitas otomotif membantu mempromosikan potensi pariwisata dan ekonomi kreatif Desa Wisata dalam bentuk konten multimedia dan kegiatan promosi yang bersifat digital.

Terakhir, ada gelaran Festival Pasar Rakyat, sebuah kampanye gerakan sosial untuk menarik simpati masyarakat untuk menjadikan pasar rakyat di daerah Desa Wisata menjadi ruang publik kreatif.

Selain itu ada juga workshop yang membantu pedagang pasar dan UMKM tentang literasi keuangan.

Program-program tersebut akan dilangsungkan di 5 desa wisata yakni Desa Saung Ciburial, Kabupaten Garut, Jawa Barat; Desa Karanganyar, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah; Desa Rejowinangun, Kota Yogyakarta, D.I. Yogyakarta; Desa Sanankerto, Kabupaten Malang, Jawa Timur; serta Desa Carangsari, Kabupaten Badung.

Baca Juga: Wajah Baru Situ Ciburuy, Lebih Cantik dan Tertata Rapi

"Terima kasih atas kepercayaannya yang sudah terjalin selama ini. Program yang kami bangun bersama ini merupakan konsep yang berangkat dari keinginan besar untuk membantu ekonomi Indonesia salah satunya dari sektor pariwisata dan ekonomi kreatif khususnya segmen UMKM," kata Dewa.***

 

Editor : Marshal Deru Bumi

Teduhnya Desa Wisata Undisan, Referensi Buat Kamu yang Mau Liburan ke Bali

Pemkot Bandung akan Gelar Pameran Produk Koperasi dan UMKM