bjb KPR General_Media Online_Media Online
news-details
Seni
Pameran seni di Orbital Dago bertajuk Weaving the Colours of the Archipelago menampilkan karya 3 seniman.

Memaknai Ragam Budaya lewat 'Weaving the Colours of the Archipelago'

BERITABAIK.ID - Ada pameran seni keren di Orbital Dago. Bertajuk "Weaving the Colours of the Archipelago", pameran ini menampilkan 3 seniman: Ni Ketut Ayu Sri Wardani, Gusti Ketut Oka Armini, Ni Nyoman Sani, serta desainer fesyen Nick Djatnika.

Wayan Seriyoga Parta selaku kurator pameran mengatakan, pameran ini mengangkat tema berlapis.

Secara harfiah, tematika yang diangkat tercermin langsung dalam pemilihan media dan ikon visual yang dieksplorasi dengan karya.

Sementara secara kiasan, pameran ini seolah menyiratkan upaya kembali memaknai keragaman atau kebhinekaan dalam ranah budaya Nusantara.

Baca Juga: Ridwan Kamil Usul Pembentukan Gugus Tugas Honorer

Siratan pesan ini coba disampaikan lewat ekspresi karya seni lukis dan rancangan busana.

"Latar belakang pendidikan (yang berbeda) dapat menjadi anasir yang mendasari proses kreatif mereka, dengan pilihan media dan bahasa ungkap visualnya masing-masing," ujar Wayan.

"Weaving the Colours of the Archipelago" bermakna menenun jalinan warna kenusantaraan. Meski begitu, makna pameran ini tidak dimaksudkan mengikat secara lateral.

Baca Juga: Omzet Pasar Kreatif Bandung Tembus Rp6,5 Miliar

Wayan menyebutnya sebagai selayang pandang permaknaan potensi budaya dan keindahan alam bumi Nusantara atau Indonesia dalam personal masing-masing seniman.

"Penyematan tema ini menjadi saksi atas penghayatan mereka dalam memaknai potensi keindahan Indonesia dengan alam dan keanekaragaman kebudayaan yang begitu kaya," ungkap Wayan.

TemanBaik, jangan lewatkan kesempatan berwisata visual ke pameran ini. Sebab, pamerannya masih berlangsung hingga 18 Agustus 2022 nanti.***

 

Editor : Marshal Deru Bumi

BPSDM Jabar Terima Penghargaan Makarti Bhakti Negeri dari LAN

Ridwan Kamil Usul Pembentukan Gugus Tugas Honorer