bjb KPR General_Media Online_Media Online
news-details
Gaya Hidup
Tanggal 8 Agustus diperingati sebagai Hari Kucing Sedunia.

Hari Kucing Sedunia, Yuk Sayangi Hewan Lucu Ini!

BERITABAIK.ID - TemanBaik, tahu enggak sih? Tanggal 8 Agustus rupanya diperingati sebagai Hari Kucing Sedunia. Bagaimana penjelasannya, ya?

Melansir dari berbagai sumber, tujuan memperingati Hari Kucing Sedunia adalah untuk membantu meningkatkan kesadaran masyarakat tentang kucing, cara memelihara dan melindungi mereka.

Perayaan ini pertama kali dilakukan oleh International Fund for Animal Welfare (IFAW) pada tahun 2002. Sudah cukup lama, ya.

Buat kamu yang belum tahu, IFAW adalah sebuah organisasi kesejahteraan hewan, salah satu yang terbesar di dunia, yang berbasis di Kanada.

Pada tahun 2020, perwalian Hari Kucing Sedunia diteruskan dari IFAW ke International Cat Care, badan amal di Inggris.

Baca Juga: Pembangunan Underpass Dewi Sartika Depok Ditargetkan Selesai Akhir Tahun

Cat Care itu sendiri didirikan pada tahun 1958 oleh pencinta kucing yang bekerja untuk menyebarkan informasi tentang kesehatan dan kesejahteraan kucing.

“Tujuannya adalah untuk menginspirasi orang memahami kebutuhan dan perspektif individu kucing, dan untuk bertindak demi kepentingan kesejahteraan setiap kucing," tulis keterangan resmi organisasi tersebut.

Nah, Hari Kucing Sedunia edisi 2022 mengusung tema "Cat Friendly Resources”. Buat kamu yang mau memperingati Hari Kucing Sedunia, kamu bisa mengadopsi kucing liar atau kucing dari tempat penampungan setempat.

Sebagai pengingat, TemanBaik yang pernah kami ajak ngobrol adalah Faiz Muflih. Dia adalah inisiator dari @streetfeeding.yk, sebuah gerakan bagi-bagi makanan untuk kucing liar di sekitar Yogyakarta.

Dia mengaku awalnya terinspirasi dari media sosial Twitter. Lalu, ia dan keempat temannya mengaku resah apabila melihat kucing yang kelaparan.

Baca Juga: Will Mara Ceritakan Perpisahan Sementara lewat Single ‘Safe Flight’

Oleh karena itu, sekumpulan pemuda yang juga bekerja di Yogyakarta ini berinisiatif membagikan makanan kucing.

Tempat pembagian makanan kucing yang mereka lakukan di Alun-alun Kidul, Yogyakarta.

Dimulai sejak 2021, #AksiBaik ini rutin digelar dua kali dalam dua minggu. Pekan ini, mereka juga kabarnya bakal membagikan makanan kucing lagi di sana.

“Ini gerakan street feeding pribadi aja. Untuk yang mau ikutan juga boleh liat update-nya di akun Instagram @streetfeeding.yk,” ujar Faiz.

Faiz juga berharap frekuensi bagi-bagi makanan kucing ini dapat meningkat. Awalnya mereka bagi-bagi makanan kucing di hari Selasa dan Rabu tiap dua minggu sekali.

Baca Juga: Ridwan Kamil Sambangi Keluarga Ikhsan, Pelajar yang Hanyut di Sungai Bangek

Dia berharap jumlah harinya bertambah dan semakin sering. Dengan begitu, tidak ada lagi kucing jalanan yang kelaparan.

“Berharapnya sih supaya kucing jalanan enggak kelaparan,” ujarnya.

Gerakan serupa juga dilakukan oleh teman-teman streetfeeder di Karawang. Mereka membuat gerakan memberi makan kucing liar di pusat keramaian kota.

Alun-alun Karawang adalah salah satu lokasi favorit saat mereka menjalankan aksi baik ini.

Wuri Annisafitri selaku pegiat streetfeeder Karawang menyebut, gerakan ini perlu dilakukan di tempat ramai agar bisa dilihat dan ditiru oleh orang banyak.

Baca Juga: Petaling Jaya Malaysia Jadikan Bandung Command Center Inspirasi Smart City

Senapas dengan namanya, komunitas ini menyasar kucing jalanan untuk diberi makan.

Ini hal penting yang menjadi catatan untuk kita loh. Sebab, kucing-kucing rumahan boleh jadi sudah terawat oleh pemiliknya, atau jika ada komunitas, bisa oleh komunitasnya. Namun tidak demikian dengan kucing jalanan.

Bagi Wuri dan teman-teman Street Feeder Karawang, bisa melihat kucing (khususnya kucing jalanan) bisa makan lahap adalah satu hal yang membuat dirinya bahagia.

Oleh karenanya, waktu membagikan makanan dengan berkeliling kota Karawang adalah momen paling dinantikan oleh Wuri dan teman-temannya.

"Kasihan aja gitu sama kucing-kucing yang minta makan pas aku lagi makan di luar. Kita juga kan enggak tahu dia udah makan atau belum? Terus enggak semua yang kita makan, bisa mereka makan juga," terang Wuri saat diwawancara oleh Beritabaik.id.

Coba, siapa saja di antara kamu yang mengaku pecinta kucing? Selamat merayakan Hari Kucing Sedunia, ya!***

 

Editor : Marshal Deru Bumi

Salut! Selain Juara ASEAN Para Games, Keramahan Warga Indonesia Dipuji Dunia

Pembangunan Underpass Dewi Sartika Depok Ditargetkan Selesai Akhir Tahun